Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Contact me on Twitter , Instagram , and Facebook
For Fast Respond, send email to 11.6837@stis.ac.id
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 30 Maret 2011

Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim merupakan jaringan dasar yang terdapat di seluruh organ tumbuhan. Di sebelah dalam jaringan epidermis terdapat jaringan parenkim. Jaringan ini terdapat mulai dari sebelah dalam epidermis hingga ke empulur. Parenkim tersusun atas sel-sel bersegi banyak. Antara sel yang satu dengan sel yang lain terdapat ruang antar sel.

Jaringan parenkim dijumpai pada kulit batang, kulit akar, daging, daun, daging buah dan endosperm. Bentuk sel parenkim bermacam-macam. Sel parenkim yang mengandung klorofil disebut klorenkim dan yang mengandung rongga-rongga udara disebut aerenkim. Penyimpanan cadangan makanan dan air oleh tubuh tumbuhan dilakukan oleh jaringan parenkim.

Jaringan parenkim disebut jaringan dasar karena:
         Menyusun sebagian besar jaringan pada akar, batang, daun, dan buah.
         Terdapat diantara jaringan lain, misalnya di antara xylem dan floem.
         Dapat dijumpai sebagai selubung berkas pengangkut.

Ciri-ciri jaringan parenkim:
         Sel-selnya merupakn sel hidup yang berukuran besar dan tipis, serta umumnya berbentuk segi enam.
         Memiliki banyak vakuola.
         Letak inti sel mendekati dasar sel.
         Mampu bersifat embrional atau meristematis karena dapat membelah diri.
         Memiliki ruang antar-sel yang banyak sehingga letaknya tidak rapat.

Macam-macam jaringan parenkim berdasarkan fungsinya:
         Parenkim asimilasi (klorenkin) adalah jaringan parenkim yang mengandung klorofil dan sebagai tempat pembuatan zat-zat makanan melalui proses fotosintesis. Misalnya parenkim asimilase pada tumbuhan hijau.
         Parenkim penimbun merupakan jaringan parenkim yang menyimpan cadangan makanan karena memiliki vakuola yang besar. Misalnya terdapat pada umbi, rimpang, dan biji yang merupakan tempat cadangan makakan berupa pati, minyak, dan senyawa alkaloid.
         Parenkim air merupakan jaringan parenkim yang mampu menyimpan air. Misalnya pada daun tumbuhan xerofit, yaitu kaktus (yang hidup di gurun) memiliki sel besar yang berdinding tipis dengan vakuola besar di tengah yang berisi air.
         Parenkim pengangkut merupakan jaringan parenkim yang terdapat disekitar xylem yang mengangkut air dan usur hara, serta disekitar floem yang mengedarkan zat-zat makanan hasil fotosintesis.
         Parenkim penyimpan udara (aerenkim) merupakan jaringan parenkim yang dapat menyimpan udara karena adanya ruang antar-sel yang besar. Pada tumbuhan air, ruang antar-sel yang besar merupakan satu-satunya tempat akumulasi udara.
         Parenkim penutup luka merupakan jaringan parenkim yang memiliki kemampuan regenerasi (pemulihan diri) dengan cara menjadi embrional (meristematik) kembali. Parenkim ini dapat bersifat meristematis kembali dengan cara membelah diri membentuk sel-sel atau jaringan parenkim yang baru. Parenkim penutup luka ini disebut juga kambium gabus (felogen).

1 komentar: