Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Contact me on Twitter , Instagram , and Facebook
For Fast Respond, send email to 11.6837@stis.ac.id
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 31 Maret 2011

Fungsi Seni

BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang Masalah
Disela-sela pemenuhan kebutuhan hidupnya manusia senantiasa mencari peluang untuk menyalurkan ekspresi seninya. Seni merupakan kebutuhan hidup yang penting. Dalam sejarah umat manusia, seni selalu menjadi bagian dari kehidupan. Manusia prasejarah mengekspresikan rasa seninya pada dinding-dinding gua lewat lukisan-lukisan. Seperti yang terdapat di Gua Leang-Leang Maros Sulawesi Selatan, Kepulauan Maluku dan Papua. Seni juga tertuang dalam berbagai benda pakai yang digunakan manusia. Seperti keramik Cina, tenun sutra India, kapak jaman batu, nekara jaman logam, sampai kepada mobil, pesawat telepon dan komputer di masa kini.
Lihat juga berbagai alat musik yang terdapat di seluruh penjuru dunia beserta lagu-lagu dan irama yang diciptakannya. Ketipung, sitar, gondang, angklung, tifa, biola, harpa, saxophone, tamburin dan marakas adalah sebagian kecil dari alat-alat musik di dunia. Belum lagi berbagai jenis tarian berikut perlengkapannya. Seperti Legong di Bali, Seudati di Aceh, Bambu Gila di Sulawesi Utara, sampai dengan Flamenco di Spanyol, Tango di Argentina dan balet di seluruh daratan Eropa. Sedangkan wayang orang di Jawa, kabuki di Jepang, sampai teater kontemporer adalah contoh seni drama. Di belahan bumi mana pun seni tak dapat terpisahkan dari kehidupan
manusia.Dari sinilah kami ingin tau lebih banyak tentang fungsi seni.

1.2 Rumusan Masalah
     Dalam penyusunan makalah yang berjudul ”Fungsi Seni”, kami dapat merumuskan masalahnya sebagai berikut :
1.)   Apa fungsi seni?

1.3 Tujuan
       Adapun tujuan kami dalam menyusun makalah ini adalah :
1.)   Untuk mengetahui fungsi seni.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Fungsi Seni
     Menurut antropologi,kesenian adalah salah satu unsur budaya manusia. Kita dapat merasakan dalam pengalamaan hidup seari-hari, betapa kita berbagai bentuk.
     Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuh kebetuhan, seni dipila menjadi beberapa kolompok.

Fungsi individual
Manusia terdiri dari unsur fisik dan unsur psikis. salah satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan secara fisik dan psikis/emosional.
*    Fisik
Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik. Seperti, busana, prabot, rumah. Dan sebagainya. Contoh yang seni murni adalah musik senam
*      Emosional
Dipenuhi melalui seni murni, baik dari segi si pembuat/penggubah, maupun konsumen penikmat. Contohnya, lukisan, novel, musik, tari, film, dan sebagainya.

Fungsi sosial
    Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaatbagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Fungsi ini dikelompokan menjadi beberapa bidang.

*    Rekreasi/ hiburan
Seni dapat dijadikan sebagai sarana melepas kejenuhan atau kesedihan. Hal itu dapat terjadi misalkan pada saat kita menyaksikan, musik, tarian, film, dan lawak.

*    Komunikasi
Seni dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu, seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan , dan produk kepada orang banyak. Contoh : lagu balada, poster, drama komedi, dan reklame. Tema yang sering dibuat antara lain :
1.      Ketidakdisiplinan anggota masyarakat terhadap lingkungan.
2.     Himbauan melaksanakan Program Pemerintah
3.      Anjuran kesehatan/kesejahteraan.
4.      Ketidakadilan suatu kebijakan

*    Pendidikan
Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangnya.  Contoh : Gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster ilmiah, lagu anak-anak, dan foto.

*    Religi/Keagamaan
Karya seni dapat diijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contoh: kaligrafi, busana muslim/muslimah, arsitektur atau dekorasi rumah ibadah, lagu-lagu rohani.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
    Kami dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1.       Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuh kebutuhan, seni dibagi menjadi dua kelompok, yaitu fungsi individual dan fungsi sosial.
2.     Fungsi individual dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan seni secara fisik dan psikis/ emsional.
3.     Fungsi sosial dikelompokan  menjadi beberapa bidang, yaitu rekreasi/ hiburan, komunikasi, pendidikan, dan religi/ keagamaan.

3.2 Saran
  1. Perlu dikaji ulang funsi seni rupa, seni musik, seni drama, dan seni tari lebih lanjut.

3.3 Penutup
         Dengan mengucapkan rasa syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalahh ini.
         Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini, sehingga makalah ini dapat tersusun dengan baik sampai batas pengumpulan.
         Dengan demikian, selesailah sudah penyusunan makalah ini. Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan khususnya bagi kami.


DAFTAR PUSTAKA

Nursantara, Yayat. 2004. Kesenian SMA. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

0 komentar:

Poskan Komentar