Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Contact me on Twitter , Instagram , and Facebook
For Fast Respond, send email to 11.6837@stis.ac.id
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 30 Maret 2011

Perkembangan Iptek di Bidang Persenjataan

A.       PERKEMBANGAN IPTEK DI BIDANG PERSENJATAAN

Persaingan yang paling mencolok dalam masa Perang Dingin adalah dalam bidang militer, khususnya dalam hal persenjataan. Amerika Serikat dan Uni Soviet saling berlomba menciptakan berbagai senjata yang mutakhir dan mematikan, misalnya bom.
Bom adalah senjata ledak yang lazim digunakan dalam perang. Terorisme juga melibatkan penggunaan bom. Bom umumnya terdiri atas wadah logam yang diisi dengan bahan peledak atau bahan kimia. Bom melukai dan menewaskan orang serta merusakkan gedung dan bangunan lain, kapal, pesawat terbang, ataupun sasaran lain. Salah satu senjata yang paling menakutkan dan dapat membantu mengakhiri Perang Dunia II adalah bom atom. Senjata yang disebut bom atom itu dibuat pertama kali oleh Amerika Serikat pada tanggal 16 Juli 1945 di Alamo Gardo, New Mexico.
Tenaga atom yang ditimbulkan akan menimbulkan radiasi yang apabila diterima dalam jumlah besar akan sangat fatal akibatnya. Debu radioaktif dan endapan dari awan yang tertiup angin dan bertebaran di daratan dapat mengakibatkan kerusakan pada tanaman serta membinasakan hewan dan manusia. Pada jangka panjang ledakan bom atom akan mengakibatkan kematian serta kanker pada manusia, sedangkan kerusakan genetis akan terlihat pada generasi-generasi berikutnya.
Selama berlangsungnya perlombaan senjata nuklir antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet, keduanya membangun pusat-pusat tombol peluncuran senjata nuklir di berbagai negara yang berada di bawah pengaruhnya. Pada 1949 Uni soviet mengadakan uji coba peledakan bom atomnya yang pertama. Tiga tahun berikutnya Amerika serikat berhasil menguji penelitiannya tentang bom hidrogen. Namun sembilan bulan kemudian Uni Soviet sudah mampu membuat bom hidrogen sendiri.Keberhasilan Amerika Serikat dalam menciptakan bom atom, ternyata dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat diikuti oleh pesaingnya Uni Soviet.
Perbandingan Persenjataan antara Uni Soviet - Amerika Serikat hingga 1983
Jenis Persenjataan
Uni Soviet
AS
Rudal balistik berpangkalan di darat
1398
1052
Rudal yang dilontarkan dari kapal selam
989
584
Pesawat pengebom berawak dengan rudal
150
376
Kendaraan bolak-balik yang bersasaran ganda bebas
4872
6774
Rudal
850
108
Pesawat pengebom
860
218
Selain bom atom dan bom hidrogen yang digunakan Amerika serikat dan Uni Soviet dalam Perang Dingin, masih banyak lagi perkembangan iptek di bidang persenjataan yang kerap digunakan berbagai negara di dunia dalam perang, antara lain:


1.      Senjata Pemusnah Massa
Adalah senjata yang dirancang untuk membunuh manusia dalam skala besar, biasanya menarget masyarakat awam dan personel militer. Di dalamnya terdapat senjata nukir, senjata kimia dan senjata biologi.


2.      Senjata Nuklir
Adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat - sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 jutaan ton TNT. Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Cina, India dan Pakistan. Selain itu, negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir, walaupun tidak diuji dan Israel enggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak. Senjata nuklir kini dapat dilancarkan melalui berbagai cara, seperti melalui pesawat pengebom, peluru kendali, peluru kendali balistik, dan peluru kendali balistik jarak benua.


3.      Senjata Biologi
Adalah senjata yang menggunakan patogen (bakteri, virus, atau organisme penghasil penyakit lainnya) sebagai alat untuk membunuh, melukai, atau melumpuhkan musuh. Dalam pengertian yang lebih luas, senjata biologi tidak hanya berupa organisme patogen, tetapi juga toksin berbahaya yang dihasilkan oleh organisme tertentu. Dalam kenyataanya, senjata biologi tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga hewan dan tanaman. Pada tahun 1754-1760, terjadi peperangan antara bangsa Britania Utara dan bangsa Indian yang melibatkan penggunaan virus cacar. Ketika itu, Britania Utara memberikan pakaian dan selimut dari rumah sakit yang merawat penderita cacar kepada bangsa Indian untuk memusnahkan bangsa tersebut. Digunakan negara Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Irak dan Jepang.

4.      Senjata Kimia
Adalah senjata yang memanfaatkan sifat racun senyawa kimia untuk membunuh, melukai, atau melumpuhkan musuh. Penggunaan senjata kimia berbeda dengan senjata konvensional dan senjata nuklir karena efek merusak senjata kimia terutama bukan disebabkan daya ledaknya. Penggunaan organisme hidup (seperti antraks) juga bukan dianggap senjata kimia, melainkan senjata biologis. Menurut Konvensi Senjata Kimia (Chemical Weapons Convention), yang dianggap sebagai senjata kimia adalah penggunaan produk toksik yang dihasilkan oleh organisme hidup (misalnya botulinum, risin, atau saksitoksin). Menurut konvensi ini pula, segala zat kimia beracun, tanpa mempedulikan asalnya, dianggap sebagai senjata kimia, kecuali jika digunakan untuk tujuan yang tidak dilarang.


5.      Bom Cluster
Bom cluster atau bom tandan atau bom curah adalah bom yang memiliki mekanisme unik dimana setelah diluncurkan dari pesawat tempur atau bomber, bom akan pecah menjadi ratusan bom kecil berupa kaleng. Pada awalnya bom ini diciptakan untuk menghancurkan landasan pacu pangkalan udara, konvoi kendaraan lapis baja atau untuk membubarkan konsentrasi pasukan darat. diproduksi dengan berbagai nama seperti CBU/Cluster Bomb Units (Amerika Serikat), Belouga (Perancis), Excalibur (Amerika Serikat). Secara efektif bom ini digunakan dalam perang Iraq, Afganistan dan perang Arab - Israel.


6.      Bom Napalm
Banyak negara yang memprotes saat Indonesia menggunakan bom napalm dalam operasi Seroja di Timor-Timur tahun 70-an, tetapi dalam skala yang lebih besar AS menggunakan bom ini dalam konflik di Vietnam serta Israel dalam perang Yom Kippur. Namun tidak banyak negara yang memprotesnya, karena secara teknis Napalm adalah bom bakar yang berisi zat kimia berbentuk pasta tertentu yang akan terbakar begitu bom pecah di darat. Pasta yang cair akan menyebarkan nyala api ke berbagai arah dan bom ini sangat efektif untuk menghancurkan pasukan darat yang bersembuni di parit-parit atau hutan.


7.      Peluru DU (Depleted Uranium)
Peluru depleted uranium adalah jenis peluru yang dikembangkan dari limbah Uranium hasil pwlucutan bom nuklir. secara harafiah depleted uranium berarti uranium yang dilemahkan radiasinya. Peluru ini sangat handal dan menjadi standar senjata meriam gatling GAU-8 Avenger yang dibawa pesawat A-10 serta canon bushmaster pada APC Bradley. DU juga digunakan untuk membuat inti peluru anti material pada tank Abrams. Efektifitas senjata ini adalah mampu menembus bahan baja tank setebal apapun dan ini terbukti pada perang Irak dimana ratusan tank Irak menjadi korban senjata ini. Yang menjadikan senjata ini kontroversial adalah kandungan uranium yang ternyata menurut penelitian masih memancarkan radiasi dalam tingkatan yang membahayakan manusia. ini tebukti pada kasus di Bosnia saat beberapa tentara Itali menderita leukemia beberapa hari setelah menggunakan peluru tersebut. Di Irak, tank-tank yang hancur terkena peluru ini ternyata memancarkan radiasi yang membuat tank-tank rongsokan tersebut tidak aman untuk didekati.


8.      Bom Tandan
Bom tandan atau bom klaster adalah bom yang mengeluarkan ratusan bom kecil seukuran bola tenis, yang dikenal dengan sebutan "bomblets". AS, Rusia, dan Cina merupakan negara-negara produsen terbesar bom tandan. Setelah mengenai sasaran, bom tandan akan mengeluarkan ratusan bom yang lebih kecil, yang bekerja seperti ranjau darat. Meski masa perang telah bertahun-tahun berlalu, namun bomblets atau anak bom tandan yang masih tersisa bisa meledak kapanpun jika bersentuhan dengan benda lain, termasuk manusia. Menurut data-data yang ada, kini terdapat 34 negara produsen bom tandan dengan lebih dari 200 jenis. 13 negara di antaranya merupakan negara-negara yang aktif memperjualbelikan senjata jenis ini ke lebih dari 60 negara. Sedikitnya 75 negara menyimpan bom tandan, dan digunakan di 23 negara. Jenis senjata pemusnah massal ini pernah digunakan secara luas di era Perang Dunia II. Pasca Perang Dunia II, bom tandan juga pernah digunakan di pelbagai perang lainnya, seperti di Vietnam, Kamboja, Kosovo,Afghanistan, Irak, dan Lebanon.


9.      Peluru Kendali Jericho
Adalah nama umum yang diberikan kepada peluru kendali balistik jarak serdahana (MRBM) Israel. Nama tersebut diambil dari kontrak pembangunan yang ditandatangani antara Israel dan Dassault pada 1963. Seperti banyak projek berkaitan dengan program senjata nuklir Israel butiran terperinci sukar didapati dalam alam umum. Peluru kendali Jericho I pertama sekali dikenal pasti sebagai sistem beroperasi pada lewat 1971 dengan panjang 13.4 m, diameter 0.8 m, seberat 6.5 ton. Mampu menempuh jarak 500 km dan membawa beban sekitar 400 kg yang berisi peledak nuklir.


10.  Peluru Kendali Balistik
Adalah peluru kendali yang terbang dalam ketinggian sub-orbit melalui jalur balistik. Rudal balistik hanya dapat dikendalikan dalam tahap peluncurannya saja. Rudal balistik pertama adalah roket V-2 yang dikembangkan oleh Nazi Jerman antara 1930-an dan 1940-an berdasarkan perintah dari Walter Dornberger. Uji coba V-2 yang pertama sukses adalah pada 3 Oktober 1942 dan mulai dioperasikan pada 6 September 1944 melawan Paris diikuti dengan serangan terhadap London 2 hari kemudian. Sampai berakhirnya perang pada Mei 1945, lebih dari 3000 V-2 telah ditembakkan. Rudal balistik dapat diluncurkan dari lokasi tetap atau kendaraan peluncur (kapal, pesawat dan kapal selam). Tahap peluncuran dapat berkisar dari sekian puluh detik sampai beberapa menit dan dapat terdiri sampai tiga tingkat roket. Peluru kendali balistik antar benua dapat mencapai ketinggian sekitar 1.200 km.


11.  Agni
Adalah seri untuk peluru kendali balistik yang dibuat oleh India dibawah program gabungan pengembangan peluru kendali. Pertama kali dites di Interim Test Range di Chandipur pada 1989, dan mampu membawa hulu ledak konvensional 1000 kg (2,200 lb) atau sebuah hulu ledak nuklir. Rudal ini terdiri dari roket 1 tahap untuk jarak pendek dan 2 tahap untuk jarak menngah. Rudal berbahan bakar propelan padat ini mampu diluncurkan secara mobil dari truk maupun kereta.


12.  Rudal Scud
Rudal Scud, merupakan salah satu rudal taktis yang terkenal di dunia, terutama saat pecah perang teluk pada tahun 1990. Scud dikembangkan oleh Uni Soviet selama perang dingin untuk kepentingan sendiri dan juga di ekspor ke beberapa negara. Rudal Scud dibuat meniru rudal milik Jerman dalam perang dunia kedua yakni V-2 dan pertama kali dibuat pada tahun 1957 oleh OKB Korolyev, kemudian berlanjut diteruskan oleh AM Isaev dengan jenis lain, hingga model terakhir dari rudal ini yakni Scud D yang dikembangkan pada tahun 1989, yang mempunyai jangkauan sejauh 300 Km.


13.  Rudal Patriot
Rudal dengan nama resmi MIM-102, milik Amerika Serikat, juga terkenal dalam perang Teluk dan perang Irak. Rudal ini dirintis pertama kali tahun 1960, yang mengkombinasikan sistem radar dan sistem kendali rudal. Patriot merupakan tipe rudal yang mampu beroperasi di segala cuaca dan medan. Fungsi utama rudal ini adalah menghancurkan rudal lawan atau menghancurkan objek udara lainnya. Radar Patriot dikenal yang tercanggih saat ini terutama untuk kemampuan sistem tracking obyek udara yang menjadi targetnya. Secara teknis ini memiliki daya jangkau sampai 300 km di ketinggian maksimum 24 km.


14.  Taepodong
Rudal Taepodong-1 terdiri dari bagian Nodong dan Scud yang jaraknya bisa mencapai radius 2.900 km. Korea Utara kini tengah membuat ulang penerusnya yang bernama Taepodong-2 yang kehebatan ledakannya jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya karena memiliki tiga tahapan. Pembangunan Taepodong-2 memiliki jangkauan ledakan antara 6.000 km dan 10.000 km. Jika rudal itu diluncurkan, kekuatannya akan meningkat dan dapat menjangkau Inggris, Australia, bahkan Amerika Serikat bagian barat hingga pertengahan.


B.     DAMPAK POSITIF

Karena adanya rasa iri di antara negara-negara yang berseteru, masing-masing negara mulai meningkatkan persenjataannya. Mereka melakukan hal ini agar tidak kalah dengan negara besar. Dengan begitu persaingan senjata semakin maju dan berkembang pesat. Itu semua memacu tiap negara untuk terus mengembangkan pertahanan negaranya masing-masing.

C.     DAMPAK NEGATIF

Dengan adanya senjata nuklir yang dikembangkan secara pesat oleh kedua negara adidaya itu, maka masyarakat dunia mengalami ketakutan yang luar biasa akan adanya kemungkinan perang nuklir yang sebenarnya. Akibat yang ditimbulkan senjata modern dan canggih, bisa lebih menimbulkan kerusakan dan kerugian yang lebih besar atau korban yang jauh lebih banyak jumlahnya ketimbang senjata konvensional, juga karena dengan itu korban yang dibunuh dapat lebih banyak daripada perang tradisional. Senjata modern dan canggih juga bisa membuat beberapa negara merasa sangat kuat dan ingin menguasai atau memaksakan kehendak pada negara lain.

Sumber

15 komentar:

  1. How can you password protect a Blogger blog
    on a custom domain?

    Also visit my web site - Paginasamarillas-Atl.Com

    BalasHapus
  2. Appreciate this post. Let me try it out.

    Have a look at my site :: dolphin.ua.Edu.Ph

    BalasHapus
  3. Greetings! Very helpful advice within this post! It's the little changes that will make the most significant changes. Thanks for sharing!

    Here is my homepage - campaign monitor email templates

    BalasHapus
  4. An excellent post! Just wondering if anybody has any any links
    or screenshots of excellent Email Templates in practice?
    It is usually good to see templates, another thing to see examples
    to benchmark as good communication. Would be eager to see any links.


    my web-site: Beautifulemails.Com

    BalasHapus
  5. Please let me know if you're looking for a article author for your weblog. You have some really good articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to write some articles for your blog in exchange for a link
    back to mine. Please shoot me an e-mail if interested.

    Thanks!

    my web-site: best bridal makeup

    BalasHapus
  6. Greate post. Keep writing such kind of information on your page.
    Im really impressed by your site.
    Hi there, You have done a great job. I'll certainly digg it and for my part recommend to my friends. I am confident they will be benefited from this website.

    Here is my website - free email Newsletter Templates

    BalasHapus
  7. What i do not realize is actually how you're no longer actually much more well-favored than you may be right now. You are so intelligent. You already know thus considerably in the case of this subject, produced me personally believe it from a lot of various angles. Its like men and women aren't fascinated unless it is
    one thing to do with Lady gaga! Your personal stuffs outstanding.
    Always take care of it up!

    Here is my homepage :: free email marketing templates

    BalasHapus
  8. I have read so many posts on the topic of the blogger lovers except this article is
    in fact a nice article, keep it up.

    My web page; creating email templates - -

    BalasHapus
  9. I'd like to find out more? I'd lіke to finԁ out some
    additiоnal іnformation.

    my web site indian bridal makeup tips

    BalasHapus
  10. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community.
    Your site offered us with valuable information to work on.
    You've done a formidable job and our entire community will be grateful to you.

    Here is my webpage - plank

    BalasHapus
  11. I love what you guys tend to be up too. Such clever work and coverage!

    Keep up the terrific works guys I've added you guys to my blogroll.

    Check out my weblog strings

    BalasHapus
  12. What's up, yup this paragraph is genuinely good and I have learned lot of things from it about blogging. thanks.

    my website; magento email templates ()

    BalasHapus
  13. A motivating discussion is worth comment. I believe that you ought to write more about this topic, it may not be a taboo
    subject but generally people don't talk about such subjects. To the next! All the best!!

    Here is my weblog ... similar site

    BalasHapus
  14. This is really interesting, You're a very skilled blogger. I've joined your rss feed and look forward to
    seeking more of your fantastic post. Also, I have shared your website in my social networks!


    Here is my web page; campaign monitor email templates

    BalasHapus
  15. First of all I would like to say excellent blog! I had a quick question that I'd like to ask if you don't mind.
    I was curious to find out how you center yourself and clear your thoughts before writing.
    I have had difficulty clearing my thoughts in getting my thoughts out.

    I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to
    15 minutes are usually wasted simply just trying to figure out how to begin.
    Any suggestions or hints? Many thanks!

    Check out my page - author's external home Page...

    BalasHapus