Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Contact me on Twitter , Instagram , and Facebook
For Fast Respond, send email to 11.6837@stis.ac.id
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 30 Maret 2011

Resensi Buku

Data Identitas Buku
·        Judul Buku                                 : Intisari Matematika SD
·        Pengarang                                  : Sony Hartono
·        Penerjemah                                : -
·        Editor/Penyunting                       : -
·        Penerbit                                     : Pustaka Widyatama
·        Tahun Terbit                              : 2007
·        Urutan Cetakan                         : -
·        Ukuran Dimensi Buku                :  Panjang         = 17,5 cm
     Lebar            = 12,2 cm
     Tinggi           = 5 cm
·        Tebal/Jumlah Halaman               : 144 halaman

Gambaran Isi Buku
·        Garis Besar Isi Buku:
Buku ini berisi ringkasan materi matematika pada jenjang pendidikan SD, rumus-rumus matematika, contoh-contoh soal beserta penyelesaiannya, tabel akar, tabel akar kuadrat, kamus istilah matematika dan simbol-simbol dalam bidang matematika.

·        Judul-Judul Bab: Bab I Aljabar
Bab II Geometri
Bab III Aritmatika
Bab IV Kamus Matematika

·        Perbedaan/Kekhasan dari Buku lain yang Sejenis:
Sebagai bahan penunjang, buku ini dilengkapi dengan kamus istilah matematika dan arti dari simbol-simbol yang digunakan dalam bidang matematika.

·        Hal-Hal yang Menarik atau Khas:
Buku ini memberikan ringkasan materi matematika yang mudah dipahami oleh kalangan siswa SD. Selain itu, diberikan pula contoh-contoh soal dan penyelesaiannya sehingga siswa dapat memperoleh gambaran langsung dalam penerapannya.

Bahasa dan Ilustrasi Buku
·        Gaya atau Ragam Bahasa:
Pengarang menggunankan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, bahasa yang digunakan pun sangat mudah dipahami oleh siswa SD, sehingga mudah dipelajari oleh semua kalangan.
·        Struktur Kalimat, Diksi dan Ejaan:
Struktur kalimat dalam buku ini sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Ejaan yang digunakan telah sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Pemilihan kata atau diksi nya pun sudah tepat, sehingga siswa SD tidak akan merasa kebingungan ketika mempelajari buku ini.

·        Ilustrasi Pendukung:
Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar bangun datar, bangun ruang, grafik dan tabel yang sesuai dengan teori yang disajikan dan yang sangat menunjang pengetahuan anak di bidang matematika.

·        Kelebihan/Keunggulan Buku:
Buku ini disusun dengan pola penyajian yang sistematis dan praktis sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penguasaan rumus dan konsep matematika lebih terfokus karena disertai dengan penjelasan dan penyelesaian dari contoh soal. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan kamus istilah dan simbol matematika yang berfungsi sebagai penunjang dalam pemahaman rumus dan konsep matematika.

Analisis Tinjauan Buku
·        Kekurangan Buku:
Sebaiknya penulis menambahkan pula soal-soal latihan tanpa memberikan kunci jawaban atau penyelesaiannya, sehingga akan menambah tantangan tersendiri bagi pembaca. Kertas yang digunakan pun belum memenuhi standar, karena mudah terlepas dari sampulnya. Tentu saja hal ini akan mengurangi keawetan buku itu sendiri.

·        Manfaat Buku:
Buku ini disusun dengan tujuan agar siswa SD mampu mempelajari dan memahami materi-materi di bidang matematika beserta rumus-rumus yang ada di dalamnya dengan mudah sehingga dapat mengatasi kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. Selain itu, buku ini memberi nilai plus dan motivasi bagi siswa SD untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif.

Saran/Rekomendasi kepada Calon Pembaca/Pembeli Buku
Sebaiknya buku ini dapat dimiliki oleh setiap siswa SD, karena dapat digunakan sebagai penunjang atau bahan tambahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah atau pun dalam mengerjakan soal-soal matematika.

Judul Resensi
Intisari Matematika SD

0 komentar:

Posting Komentar