Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Contact me on Twitter , Instagram , and Facebook
For Fast Respond, send email to 11.6837@stis.ac.id
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 01 Februari 2012

Perkembangan Printer Pada Abad Ke-21

Printer adalah salah satu hardware yang berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Seiring perkembangan zaman, printer telah mengalami perubahan yang pesat.

Persaingan antar produsen printer pun semakin ketat, di mana mereka saling berlomba mengeluarkan produk terbaik agar menjadi produsen nomor satu di dunia. Berikut ini dijelaskan perkembangan printer pada abad ke-21.

  1. Printer All-in-One “Scan Print Fax”
    Selain digunakan untuk mencetak, juga digunakan untuk scan dan fax, sehingga dinamakan printer all-in-one. Alat ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi. Tinta yang digunakan pada printer ini tidak terlalu mahal, namun dari segi kualitasnya tetap bagus sehingga lebih hemat.

  1. Printer Ink Tank System
    Teknologi ini khusus dikembangkan berdasarkan kebiasaan masyarakat Indonesia, yang memodifikasi printer dengan tanki untuk menghemat tinta dan waktu untuk membeli catridge atau mengisi ulangnya. Printer ini disertai dengan 3 botol tinta hitam dan 3 botol tinta warna yang mampu mencetak hingga 12.000 lembar (Black/White) dan 6.500 lembar (Magenta/Cyan).

    Gambar 1. Printer Ink Tank System

  1. Printer Wireless
    Keunggulan printer ini adalah untuk mencetak file tanpa harus terhubung ke komputer. Printer ini memiliki fitur wireless, slot memory card dan terdapat LCD berwarna 2.5 inci. Keunggulan lainnnya yaitu dapat digunakan untuk menscan dan copy, dapat dihubungkan ke ponsel dan dapat mencetak melalui internet.

  2. Printer Portable
    Printer portable adalah printer yang dapat digunakan tanpa harus menghubungkannya dengan komputer. Printer mini yang canggih ini bisa mencetak foto berwarna berukuran 4×6 inchi hanya dalam waktu 37 detik saja. Selain itu printer dengan ukuran LCD 2.5 inchi ini sudah dilengkapi dengan multicard reader yang juga didukung layanan bluetooth sehingga dapat dengan mudah mencetak foto dari ponsel. Printer ini dapat menyimpan 150 lembar kertas glossy atau 100 lembar kertas lebih tebal yang berukuran 4×6 inchi.

  3. Photo Printer Zero Ink
Teknologi printer yang tidak membutuhkan tinta ini disebut sebagai ZINK (Zero Ink). Printer portable ini cocok untuk mencetak di mana pun dan kapan pun saat bepergian. Keunggulannya adalah mencetak dengan dukungan bluetooth dan membutuhkan ZINK Paper sebagai kertas khusus sebagai media cetaknya. Kertas khusus ini juga mampu membedakan antara warna kuning, magenta dan cyan.
Gambar 2. Photo Printer Zero Ink

  1. Printer LED (Light-Emitting Diode)
    Printer buatan Jepang ini adalah printer pertama yang menggunakan teknologi LED (Light-Emitting Diode) untuk menggantikan teknologi Laser yang selama ini digunakan. Keunggulannya adalah menggunakan ribuan sinar laser yang dihasilkan oleh komponen yang statis, sehingga mencetak lebih cepat dibandingkan Laser. Dengan jumlah komponen yang lebih sedikit, maka lebih hemat energi. Ukuran titik (dot) lebih kecil, sehingga menghasilkan cetakan yang lebih jelas.

  2. Printer 3D Portable Plus Wifi
Printer 3D portabel ini diciptakan untuk pemakaian di rumah karena memang bentuknya yang sangat sederhana dengan fungsi terbatas. Selain USB, printer ini juga dibekali dengan Wi-Fi, sehingga bisa mencetak 3D secara nirkabel. Alat ini bisa menghasilkan sebuah barang 3D dengan ukuran maksimal 140×140×140 mm dengan menggunakan bahan plastik jenis ABS yang terdiri dari 10 warna.
Gambar 3. Printer 3D Portable Plus Wifi


Referensi:

2 komentar: